True Growth

True Growth

October 23, 2022
Book: 2 Peter

Bible Passage: 2 Pet 1:5-11, 3:18

Salah satu tanda gereja yang sehat adalah gereja yang bertumbuh. Bertumbuh disini bukan secara keuangan, besarnya gedung, atau jumlah jemaat. Bertumbuh disini berbicara tentang pertumbuhan iman, kasih, karakter, pengenalan akan Tuhan, serta kekudusan kita sebagai anak-anak Tuhan.

Didalam gereja banyak orang yang baik, tetapi kita tahu bahwa biasanya ada orang-orang tertentu yang terlihat lebih spesial dan terlihat berbeda, orang-orang ini terlihat sungguh-sungguh mencintai Tuhan dan hidupnya menjadi berkat bagi banyak orang disekitarnya. Herannya, orang-orang ini bisa terlihat berbeda bahkan ditengah-tengah orang Kristen lainnya. Bukankah semua orang-orang Kristen harusnya seperti ini?

Walaupun Tuhan yang memberikan pertumbuhan, tetapi adalah kewajiban kita untuk berusaha bertumbuh, dan pada saat kita bertumbuh menghasilkan buah, Tuhan dipermuliakan. Orang seperti ini akan diberikan sukacita yang berlimpah-limpah. Tanda-tanda orang kristen yang bertumbuh:

1. Semakin rendah hati
Orang kristen yang bertumbuh sadar bahwa dirinya berdosa dan akan menyadari besarnya anugerah Tuhan yang sebenarnya dia tidak layak menerima. Tidak ada orang kristen yang tidak menyadari bahwa dirinya miskin dihadapan Allah. Kesadaran ini adalah kesadaran yang semakin bertumbuh, semakin dekat dengan terang itu maka dia semakin sadar seberapa kotor hidupnya.

2. Semakin mengenal dan percaya Kristus
Orang kristen yang bertumbuh akan tahun demi tahun semakin besar pengenalannya akan Kristus dan semakin percaya. Orang yang bertumbuh dalam kerohaniannya akan semakin mengenal bahwa Tuhan adalah Tuhan yang hidup, Tuhan yang besar, Tuhan yang agung, Tuhan yang penuh kasih, Tuhan yang lebih indah dari apapun. Bukan hanya tahu dan pengenalan secara konsep, tapi hatinya tergerak dan menyadari Dia lebih berharga dari apapun di dunia ini. Dia adalah seorang sahabat dan pendoa syafaat bagi kita. Semakin kita bertumbuh, semakin kita menyadari akan hal-hal ini.

3. Hidup dan karakternya semakin kudus
Orang kristen seperti ini akan mengalami kemenangan atas dosanya dan tidak terus berkubang di dalam dosa. Dia bisa jatuh, tetapi dia bangkit lagi dan akan menang. Jika kita selalu gagal dan tidak pernah menang atas dosa kita, sebuah tanda tanya besar apakah kita anak Tuhan sejati.

4. Semakin suka dan tertarik terhadap hal-hal rohani
Orang kristen seperti ini tetap menyukai hal-hal duniawi, tetapi dia sadar bahwa hal-hal itu bukan yang terutama. Hatinya semakin tidak tertarik terhadap entertainment dunia, tetapi hatinya semakin suka terhadap hal-hal rohani yang berkenan kepada Tuhan, semakin tertarik terhadap hal-hal yang bersifat kekal, terhadap hal-hal yang membentuk karakter, hal-hal yang menjadi berkat bagi orang lain.

5. Semakin mengasihi orang lain
Orang kristen yang bertumbuh akan semakin mengasihi orang lain dan orang disekitarnya akan bisa melihat kebaikannya. Orang seperti ini rela berkorban demi orang lain, tidak mementingkan diri sendiri, memiliki hati seperti Kristus.

6. Semakin peduli dan memiliki hati yang mengasihi orang-orang yang berdosa
Orang kristen yang bertumbuh mempunyai misi dirumah, di tempat kerjanya, atau sekolahnya untuk membawa orang lain kepada Kristus. Dia selalu berpikir dan berdoa bagi orang-orang yang belum percaya dan berusaha untuk keselamatan mereka.

Sarana yang diberikan Tuhan untuk kita bisa bertumbuh:

1. Secara Pribadi: Membaca Firman Tuhan dan Berdoa
Kita sudah tahu pentingnya hal ini, tetapi seringkali tidak meluangkan waktu karena kesibukan kita. Orang benar itu adalah yang kesukaannya adalah taurat Tuhan dan yang merenungkan taurat itu siang dan malam.

2. Secara Publik: Ibadah Minggu
Ini adalah sarana yang diberikan Tuhan untuk kita bersama-sama memuji Tuhan dan mendengar Firman. Pertemuan secara fisik bersama-sama ini penting dan tidak bisa digantikan dengan ibadah online.

3. Melalui Pertemanan
Bertemanlah dengan orang-orang yang berani menegur kesalahanmu, dengan saudara-saudara seiman yang berani menegur dosamu, yang mendorong engkau untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan.